Belajar Efektif 101: Metode Belajar Spaced Repetition dan Active Recall

Jago belajar dengan metode belajar efektif, Spaced Repetition dan Active Recall

Hello Opportunity Hunters! 

Menemukan metode belajar yang sesuai dengan gaya belajar kita terkadang menjadi tantangan tersendiri. Adanya perbedaan kemampuan dalam pemahaman membuat kita sering merasa kesulitan saat dihadapkan dengan materi belajar. Sebelum kamu makin kesulitan, yuk coba simak panduan Belajar Efektif 101!

Kenali Kebutuhan Belajar Kamu!

Ketika kamu memutuskan untuk mulai belajar, pastikan kamu sudah siap dan tau apa yang kamu butuhkan! Sedia payung sebelum hujan juga berlaku di sini, lho. Menyiapkan tempat belajar, alat tulis, buku pendamping, atau bahkan segelas air minum dapat membantu kamu untuk keep on track selama belajar. Ketika kamu berada di kondisi yang siap, fokus kamu akan sulit untuk terpecah. 

Selain itu, kamu bisa membuat target belajar. Kamu bisa memulai dengan memetakan target juga termasuk langkah yang bisa diambil untuk mengenali kebutuhan belajar kamu. Dengan tujuan yang jelas, kamu akan lebih mudah dalam memahami alur belajar selama proses belajar kamu.

Cara Mengatur Time Span Belajar

Jika kamu tipikal yang belajar non-stop lebih dari berjam-jam, ini saatnya kamu mempertimbangkan waktu belajarmu kembali. Marty Lobdell, profesor Psikologi di Pierce College dalam lekturnya “Study Less Study Smart”, menilai bahwa time span yang ideal untuk belajar justru melibatkan jeda di setiap waktu tertentu. 

Contohnya, dalam setiap 20 menit yang kamu habiskan untuk belajar, kamu dapat melibatkan jeda selama 5 menit untuk istirahat. Di sini, Profesor Lobdell mengatakan bahwa jeda ini memberikan kesempatan bagi kamu untuk mencerna materi dan secara signifikan meningkatkan stamina belajar kamu dibandingkan dengan metode belajar non-stop. Karena stamina yang prima, proses belajar kamu juga dapat bertahan lebih lama, lho.

Libatkan Spaced Repetition dan Active Recall!

Terdakang, kita mendapati materi belajar yang sulit untuk dimengerti. Di sini, kamu bisa mencoba menerapkan strategi Spaced Repetition dan Active Recall! Alih-alih membaca materi berulang kali, kamu bisa memberikan challenges ke diri kamu untuk melafalkan ulang apa yang sudah kamu baca. Dengan menguji kemampuan kamu setelah mempelajari materi, kamu akan mengetahui tingkat pemahaman kamu.

Secara sederhana, setelah kamu mempelajari materi, akan lebih mudah bagi kamu untuk mengkatalogkan apa yang sudah kamu pelajari. Saat kamu menguji pemahaman kamu, otak kamu akan mencoba bekerja untuk mencari materi di bagian tertentu dari keseluruhan materi. Dengan terus menguji kemampuan pemahaman kamu pada setiap katalog materi yang ada, ingatan kamu akan terlatih dan tertata lebih rapi. Membagi ke bagian yang lebih kecil dari keseluruhan materi dan mengujinya kembali di beberapa interval waktu akan membentuk pemahaman dan ingatan yang lebih kuat. 

Memahami kebutuhan belajar, memetakan tujuan, serta menerapkan strategi dan metode belajar dapat meningkatkan performa kamu dalam memperoleh hasil belajar yang lebih efektif. Selamat berjuang!

Sumber Rujukan Artikel:

Lobdell, Marty. (2011, 23 Juli). Study Less Study Smart [Video]. Youtube. https://www.youtube.com/watch?v=IlU-zDU6aQ0 

Penulis: Pradipta Reksa Daniswara

Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rumah Peluang

Mentorship and Education’s Events Platform Application.

Temukan Peluangmu, Raih Impianmu, dan Sukses Bersama Rumah Peluang!

Kontak

© 2022 PT Peluang Lintas Global