Efek Terkena Paparan Sinar Ultraviolet (UV) yang Berlebih

Kulit terbakar adalah salah satu efek terkena paparan sinar ultraviolet secara langsung (UV) yang berlebih

Hello Opportunity Hunters! Belakangan ini, isu terkait cuaca yang panas sedang menjadi bahan pembicaraan hangat bagi para masyarakat. Bagaimana tidak, beberapa tempat di Indonesia mendapatkan suhu yang cukup tinggi dan panas. Menurut medis sendiri, terkena paparan sinar matahari secara langsung adalah suatu hal yang kurang sehat, khususnya pada cuaca yang cukup ekstrim. Lantas, apa saja dampak atau efek terkena paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet secara langsung? Berikut Rumah Peluang rangkum efek paparan sinar ultraviolet (UV) yang berlebih. 

Kulit Terbakar

Salah satu dampak yang diberikan dari terkena paparan UV secara berlebih pastinya adalah bisa menyebabkan kulit terbakar. Dampak ini juga menjadi yang paling umum terjadi karena matahari adalah sumber utama dari sinar UV. Biasanya, orang yang mengalami ini akan membuat kulit terlihat berwarna kemerahan. Bahkan, pada beberapa kasus, efeknya bisa membuat pembengkakan pada kulit. 

Salah satu cara mencegahnya tentunya adalah hindari paparan sinar matahari secara langsung. Baik itu dengan mengurangi kegiatan luar ataupun memakai barang seperti payung atau topi. Selain itu kamu juga bisa menggunakan beberapa produk sunscreen untuk meminimalisir resiko.

Kerusakan Mata

Selain kulit yang jelas terkena dampaknya, mata juga menjadi bagian tubuh yang terkena efek dari sinar UV yang berlebih. Hal tersebut karena mata menjadi organ tubuh yang paling rentan jika terkena paparan UV. Adapun efeknya biasanya akan menyebabkan penglihatan yang kabur atau penurunan kemampuan melihat warna.

Salah satu cara mencegahnya tentunya dengan menggunakan kacamata yang gelap. Kacamata yang gelap bisa menghindari mata terkena paparan UV secara langsung.

Kanker Kulit

Dampak terakhir dari paparan sinar matahari adalah bisa menyebabkan kanker kulit. Adapun jenisnya, biasanya adalah kanker karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa. Biasanya, hal ini terjadi pada bagian kulit yang paling sering terkena sinar matahari seperti tangan dan leher.

Sama seperti yang sebelumnya, kamu juga bisa meminimalisir resikonya dengan menggunakan sunscreen. Atau kamu juga bisa menggunakan barang pelindung seperti sarung tangan ketika berkendara.

Itulah beberapa dampak dari terkena paparan sinar UV dari matahari secara berlebih. Adapun jika kamu terkena salah satu dampak tersebut dan sudah semakin parah, kamu bisa konsultasi ke dokter yang lebih profesional. Kalau menurut kamu, mana dampak yang paling berbahaya? Semoga artikel ini bermanfaat.***

Sumber Rujukan Artikel:

https://www.alodokter.com/sinar-uv-tidak-hanya-membahayakan-kulit

Penulis: Fawwaz Ezar Al faathir

Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rumah Peluang

Mentorship and Education’s Events Platform Application.

Temukan Peluangmu, Raih Impianmu, dan Sukses Bersama Rumah Peluang!

Kontak

© 2022 PT Peluang Lintas Global