Manfaat dari Kebiasaan Membaca Buku Menurut Najwa Shihab

Memiliki pemikiran yang tajam dan kritis, Najwa Shihab jelaskan manfaat dari kebiasaan membaca buku

Hello Opportunity Hunters! Masyarakat Indonesia khususnya yang suka dalam isu politik pasti kenal Najwa Shihab. Yup, perempuan yang menjadi seorang jurnalis sekaligus pembawa acara tersebut selalu tampil dengan pemikirannya yang kritis dalam setiap program. Pemikirannya yang tajam tersebut tentu tak datang begitu saja. Selain didapatkan karena pengalaman, pendidikan juga mempengaruhi jalan berpikir seseorang. Tentunya, dalam segi pendidikan buku lah yang menjadi kunci dan mengambil peran yang penting. Adapun baru-baru ini, Najwa Shihab beberkan manfaat dari kebiasaan membaca buku pada acara Pesta Literasi Indonesia yang digelar pada Jumat, 1 September 2023. Manfaat-manfaat tersebut adalah sebagai berikut.

Melatih Agar Tidak Cepat Mengambil Keputusan

Manfaat pertama dari kebiasaan membaca buku menurut Najwa Shihab adalah melatih agar tidak cepat mengambil keputusan. Perempuan yang akrab disapa ‘mbak Nana’ tersebut memberikan contoh dalam bacaan fiksi “Gadis Kretek milik Ratih Kumala”. Dalam fiksi tersebut, para pembaca harus sabar dalam menemukan karakter jahat. Karena pada awal cerita, sifat tokoh dari fiksi tersebut belum terlihat sepenuhnya. 

Contoh lainnya adalah berita terkini yang memberikan headline yang klikbait. Terkadang, poin atau isi berita dengan headline yang menjadi sorotan memiliki makna yang berbeda. Jika kamu terbiasa membaca, maka kamu tidak akan cepat mengambil keputusan dan akan membaca berita sampai selesai. 

Memperluas Pandangan dan Memupuk Empati 

Manfaat kedua menurut Najwa Shihab, membaca bisa memupuk empati dan menjadikan seseorang memiliki sifat yang lebih terbuka. Hal tersebut karena kamu bisa melihat perspektif lain yang mungkin berbeda dari sudut pandang yang kamu miliki. Kamu juga bisa berempati tanpa harus mengalami kejadian yang dirasakan oleh orang lain.

Najwa Shihab memberikan contoh dalam hal ini berupa kasus KDRT.

“Saya enggak harus mengalami hal-hal keras untuk tahu hubungan dalam KDRT. Dari baca buku juga bisa timbul rasa empati untuk hal itu,” ungkapnya pada acara Pesta Literasi Indonesia.

Itulah manfaat dari kebiasaan membaca buku menurut najwa Shihab. Kalau menurut kamu mana yang paling terasa manfaatnya? Semoga artikel ini bermanfaat.***

Sumber Rujukan Artikel:

https://seleb.tempo.co/read/1767383/najwa-shihab-sebut-kebiasaan-membaca-buku-bikin-orang-lebih-sabar-dan-empati

Penulis: Fawwaz Ezar Al faathir

Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rumah Peluang

Mentorship and Education’s Events Platform Application.

Temukan Peluangmu, Raih Impianmu, dan Sukses Bersama Rumah Peluang!

Kontak

© 2022 PT Peluang Lintas Global