Penjelasan Tentang Food Vlogger Beserta Sejarahnya

Bermula dari munculnya sosial media, Food Vlogger bisa menjadi hobi yang berubah menjadi profesi

Hello Opportunity Hunters! Istilah Food Vlogger belakangan ini sempat menjadi bahan perbincangan yang hangat pada dunia maya. Lantas apa itu Food Vlogger? Menurut e-journal dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Food Vlogger merupakan seseorang yang membuat konten bertemakan kuliner. Konten tersebut biasanya akan memberikan ulasan suatu makanan atau minuman yang sedang hits atau yang menjadi ciri khas suatu daerah secara acak.

Negara Indonesia sendiri, memiliki beberapa konten kreator yang sudah terjun dalam bidang ini. Sebut saja Tanboy Kun yang hobi mukbang dan Ria SW yang sudah senior. Nah adapun Rumah Peluang kali ini akan merangkum beberapa hal mengenai Food Vlogger dari berbagai sumber. Mulai dari sejarah dan isu terkini menurut pemaparan seorang yang ahli dalam bidang kuliner.

Bermula pada tahun 2005

Munculnya konten kreator kuliner beriringan dengan munculnya media sosial khususnya YouTube pada awal tahun 2000-an. Mulanya, para kreator membuat video resep dari masakan-masakan tertentu dan membagikannya melalui sosial media seperti YouTube. Tindakan ini menurut Young On Top terinspirasi dari tayangan yang ada pada televisi. Namun, seiring berjalannya waktu konten-konten tersebut semakin beralih menjadi sebuah review pada restoran tertentu.

Hobi yang Bisa Menjadi Profesi

Awalnya, kegiatan ini merupakan suatu hobi yang bahkan bisa dilakukan oleh siapapun. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi, kegiatan ini bisa menjadi sebuah profesi. Hal tersebut karena banyaknya peminat atau penonton dari konten-konten sejenis ini. Bahkan, menurut Chef Juna, salah satu surat kabar ternama Amerika pernah merekrut orang-orang ahli pada bidang kuliner untuk menjadi seorang yang mereview makanan.

Namun, karena bisa dilakukan oleh siapapun, Chef Juna berpendapat bahwa Food Vlogger saat ini bisa menodai industri food and beverage (FnB). Hal ini bisa terjadi karena banyaknya kreator bidang ini yang tidak memiliki latar belakang kuliner menurut Chef Juna. 

Itulah beberapa penjelasan tentang food vlogger yang sempat ramai menjadi perbincangan belakangan ini. Jadi gimana? Tertarik menjalani profesi tersebut? Semoga artikel ini bermanfaat.***

Sumber Rujukan Artikel:

http://e-journal.uajy.ac.id/20646/2/EM21933%201.pdf 

Penulis: Fawwaz Ezar Al faathir

Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rumah Peluang

Mentorship and Education’s Events Platform Application.

Temukan Peluangmu, Raih Impianmu, dan Sukses Bersama Rumah Peluang!

Kontak

© 2022 PT Peluang Lintas Global