Perjalanan Beasiswa di Indonesia dari Masa ke Masa

Hallo Opportunity Hunters! Di era melek pendidikan saat ini, banyak sekali beasiswa di Indonesia yang diadakan untuk mendukung kemajuan pendidikan pemuda Indonesia. Mulai dari pendidikan dasar hingga jenjang pendidikan paling tinggi sekalipun kini telah didukung oleh beasiswa, baik dari lembaga swasta maupun pemerintah. Namun, tahukah kamu kira-kira bagaimana asal mula munculnya beasiswa di Indonesia? Yuk simak perjalanan beasiswa di Indonesia dari Masa ke Masa berikut!

1. Masa sebelum kemerdekaan

Ternyata, beasiswa di Indonesia telah ada bahkan sejak sebelum Indonesia merdeka loh, Opportunity Hunters! Hal ini bermula pada tahun 1912. Saat itu, Conrad T. van Deventer, seorang lulusan Fakultas Hukum Universitas Leiden bersama istrinya, Elisabeth M. Maas menggagas program beasiswa untuk membantu rakyat Indonesia memperoleh kesempatan pendidikan yang baik. Berbekal keinginan tersebut, mereka kemudian mendirikan beberapa yayasan, salah satunya Yayasan Van Deventer yang berkegiatan memberikan beasiswa untuk perempuan Indonesia di jenjang sekolah menengah. Sejak saat itu, Yayasan Van Deventer terus beroperasi bahkan hingga saat ini loh! Saat ini Yayasan Van Deventer telah berubah nama menjadi Yayasan Van Deventer-Maas Indonesia (VDMI) dan berlokasi dan Yogyakarta. Tentunya, yayasan ini masih aktif memberikan beasiswa bagi pelajar Indonesia.

2. Masa awal kemerdekaan

Pada masa awal kemerdekaan Indonesia, perkembangan beasiswa digagas oleh Presiden Indonesia pertama saat itu, Bung Karno. Ketika itu, Bung Karno menyadari bahwa kualitas sumber daya manusia Indonesia sebagian besar masih tergolong rendah. Oleh karena itu, diluncurkanlah beberapa program beasiswa untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia melalui pendidikan. Beberapa beasiswa tersebut antara lain, Beasiswa Ikatan Dinas, Beasiswa Pampasan Perang Dunia atau Baisyo Ryugakusei, bahkan beasiswa ke Belanda bagi mahasiswa Indonesia yang diberikan pemerintah Indonesia melalui Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI sejak tahun 1952 – 1958.

3. Masa Orde Baru

Pemberian beasiswa bagi masyarakat Indonesia pada masa orde baru salah satunya diinisiasi oleh B.J. Habibie yang saat itu menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi. Beasiswa yang diberikan berupa beasiswa ke luar negeri dengan beberapa negara tujuan yaitu Jerman, USA, Perancis, Inggris, Belanda, Australia, Jepang, Kanada, dan Austria. Selain beasiswa tersebut, ada juga Beasiswa Supersemar yang didirikan oleh Presiden Soeharto. Beasiswa ini bertujuan membantu para mahasiswa yang tergolong kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

4. Masa Reformasi hingga kini

Sejak masa reformasi, semakin banyak jalur beasiswa yang dibuka bagi masyarakat. Beberapa beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Indonesia antara lain beasiswa DIKTI, beasiswa IGSP, beasiswa Kemenkominfo, beasiswa Olimpiade Sains Internasional, beasiswa Kemenag, beasiswa SPIRIT Bappenas dan Kemenkeu. Selain itu, mulai tahun 2010 hingga saat ini, pemerintah melalui Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kementerian Agama menyediakan beasiswa untuk para generasi penerus bangsa yang kita kenal sebagai beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Seperti itulah perjalanan beasiswa di Indonesia dari masa ke masa hingga dapat memfasilitasi pendidikan terbaik bagi putra putri bangsa hingga saat ini. Semoga ke depannya, semakin banyak beasiswa yang dikembangkan dan bisa dirasakan manfaatnya oleh rakyat Indonesia ya, Opportunity Hunters!

Sumber Rujukan Artikel

https://edukasi.kompas.com/read/2022/06/01/180900571/kapan-beasiswa-di-indonesia-mulai-muncul-ini-sejarahnya

https://puslapdik.kemdikbud.go.id/sejarah-beasiswa-di-indonesia-masa-indonesia-merdeka-sekarang/

Penulis: Erisma

Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rumah Peluang

Mentorship and Education’s Events Platform Application.

Temukan Peluangmu, Raih Impianmu, dan Sukses Bersama Rumah Peluang!

Kontak

© 2022 PT Peluang Lintas Global