Perjalanan Karir Nadiem Makarim, Sang Menteri Pendidikan yang Penuh Inovasi

Perjalanan Nadiem Makarim sebelum menjabat sebagai Menteri Pendidikan, mulai dari sekolah di Amerika Serikat hingga mendirikan Gojek

Hello Opportunity Hunters! Beberapa waktu kebelakang, nama Nadiem Makarim sempat menjadi sorotan publik. Hal itu terjadi karena salah satu kebijakan terkait skripsi pada masa jabatannya ketika menjadi menteri pendidikan. Pasalnya, sang menteri menyampaikan bahwa skripsi tidak lagi menjadi syarat kelulusan satu-satunya bagi para mahasiswa. Tentunya inovasi tersebut telah melalui berbagai macam pertimbangan. Namun tetap saja hal tersebut menjadi sorotan masyarakat dan kembali meneliti ulang perjalanan karir hingga background pendidikan sang menteri.

Adapun Nadiem Makarim telah memiliki berbagai macam pengalaman sebelum menjalani tugasnya sebagai menteri. Mulai dari pendidikan di luar negeri hingga pengalaman bisnis. Nah Rumah Peluang kali ini akan menuliskan perjalanan karir seorang Nadiem Makarim sang menteri pendidikan Indonesia.

Pendidikan

Sang menteri memiliki pendidikan yang cukup baik. Hal ini terbukti dari dirinya yang memilih Sekolah Menengah Atas di Singapura. Tepatnya pada United World College of Southeast, Singapura. 

Kemudian, sang menteri memilih untuk melanjutkan studinya di Amerika Serikat. Adapun jurusan yang ia tempuh adalah Hubungan Internasional pada Brown University. Setelah kelulusannya, Nadiem kembali melanjutkan studi dan mendapatkan gelar Master of Business Administration (MBA) pada Harvard Business School dengan jurusan Administrasi Bisnis.

Karier

Perihal karier, menteri pendidikan Indonesia tersebut mengawalinya pada McKinsey & Company sebagai konsultan manajemen. Selanjutnya, Nadiem melanjutkan karir di Indonesia tepatnya pada Zalora Indonesia. Adapun jabatannya saat itu adalah sebagai Co-Founder dan Managing Director. 

Setelahnya, Nadiem Makarim sempat menjabat sebagai Chief Innovation Officer pada Kartuku sebelum diakuisisi oleh Gojek. Kemudian setelah merasa mendapatkan cukup ilmu, sang menteri memilih untuk membuat perusahaannya sendiri yang saat ini menjadi salah satu perusahaan yang paling populer di tanah air yaitu Gojek.

Setelah cukup sukses bersama Gojek, dirinya kemudian terpilih sebagai Mendikbud Ristek pada tahun 2019 oleh presiden Joko Widodo. 

Itulah perjalanan karir Menteri Pendidikan, Riset, dan Teknologi Indonesia Nadiem Makarim. Semoga artikel ini bermanfaat.***  

Sumber Rujukan Artikel:

https://www.kompas.com/edu/read/2022/10/01/080300971/profil-nadiem-makarim-pendidikan-hingga-karier-bisnis-dan-menteri?page=all

Penulis: Fawwaz Ezar Al faathir

Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rumah Peluang

Mentorship and Education’s Events Platform Application.

Temukan Peluangmu, Raih Impianmu, dan Sukses Bersama Rumah Peluang!

Kontak

© 2022 PT Peluang Lintas Global